Selasa, 28 Maret 2017

Interaksi Manusia dan Komputer



Sejarah

Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru.


HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.
  
Tujuan

User friendly (ramah dengan pengguna) adalah kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula dan untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. 

Sistem yang bermanfaat (usable) serta aman (safe), artinya ialah sistem itu bisa berfungsi dengan baik. Sistem itu bisa untuk dapat mengembangkan serta meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness), efisiensinya (eficiency).

Usable: Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah, mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things).


Kaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan ilmu lain.

Prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah adanya masukan – proses – keluaran (input – process – output). Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan interaksi  atau berdialog dengan komputer menggunakan cara-cara tertentu. Beberapa disiplin ilmu dalam HCI:

·        Ilmu komputer (desain aplikasi & teknik human interface)
·        Psikologi (aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user).
·        Sosiologi & antropologi (interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
·        Industrial design (produk interaktif)
·        Teknik sipil (infrastruktur fisik)
·        Teknik Mesin (robotika).


Sumber: 

https://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-interaksi-manusia-komputer-terlengkap/ 
http://www.pendidikanku.org/2015/08/pengertian-interaksi-manusia-dan-komputer.html

Tidak ada komentar: