Sejarah
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah
antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah
Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti
dan perancang sistem. Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul
pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru.
HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang
berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer
interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di
sekitarnya. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus
yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik. HCI
pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah
mungkin.
Tujuan
User friendly (ramah dengan pengguna) adalah kemampuan
yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan
mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam
mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula dan untuk mempermudah manusia dalam
mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan
selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
Sistem yang bermanfaat (usable) serta aman (safe), artinya ialah sistem itu
bisa berfungsi dengan baik. Sistem itu bisa untuk dapat mengembangkan serta meningkatkan
keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness),
efisiensinya (eficiency).
Usable: Dapat mengerjakan sesuatu
dengan mudah, mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things).
Kaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan ilmu lain.
Prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah
adanya masukan – proses – keluaran (input – process – output). Ketika seseorang
bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan interaksi atau berdialog dengan komputer menggunakan
cara-cara tertentu. Beberapa disiplin ilmu dalam HCI:
·
Ilmu komputer (desain
aplikasi & teknik human interface)
·
Psikologi (aplikasi
dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user).
·
Sosiologi &
antropologi (interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
·
Industrial design
(produk interaktif)
·
Teknik sipil (infrastruktur
fisik)
·
Teknik Mesin (robotika).
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-interaksi-manusia-komputer-terlengkap/
http://www.pendidikanku.org/2015/08/pengertian-interaksi-manusia-dan-komputer.html
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-interaksi-manusia-komputer-terlengkap/
http://www.pendidikanku.org/2015/08/pengertian-interaksi-manusia-dan-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar